Tuesday 17 October 2017

Apa Itu Tekad “D” (Will Of “D”)


Kalian para fans One Piece pasti sudah mengetahui adanya karakter – karakter dalam cerita One Piece yang memiliki inisial D dinama tengahnya. Seperti Monkey D Garp, Marshall D Teach, Haguar D sauro, dan tentu saja karakter favorit saya yaitu Portgas D Ace. Sampai saat ini, Belum jelas apa arti dari inisial D ini. Pada kolom SBS seorang penggemar One Piece pernah bertanya soal inisial D ini tetapi Oda sensei hanya menjawab dengan singkat “baca saja huruf D dengan D saja dan jangan pikirkan yang lainuntuk saat ini”. Dr kureha dari Drum Kingdom pernah berkata kepada Dalton soal inisial D, dia berkata “Semangat D, ternyata masih hidup”. Dalam cerita One Piece Dr. Kureha bukanlah sekedar karakter biasa, Karena dia sudah hidup lebih dari 100 tahun yang berarti dia merasakan era Gold D Rojer masih aktiv menjadi bajak laut. pembahasan soal tekad D ini akan sedikit agak panjang, jadi bagi kalian yang ingin menikmati pembahasan ini dalam bentuk Video bisa langsung klik disini. Dan jangan lupa untuk like fanspage facebook kami disini.


Oke lanjut, Nico Robin yang juga seorang sarjana arkeologi dari pulau Ohara pernah bertanya kepada Monkey D Luffy soal inisial D ketika di arc Arabasta. Tetapi Luffy tidak mengetahui arti dari inisial tersebut. Robin juga menanyakan hal yang sama pada Gan Forr ketika sedang berada di arc Skypiea. Jawabanya pun sama, Gan Forr sama sekali tidak mengetahui arti dari inisial tersebut. Tetapi Gan Forr mengatakan bahwa keberadaan Luffy mengingatkanya pada bajak laut yang ia jumpai ketika 20 tahun yang lalu, yaitu kelompok bajak laut Gold D Rojer. Barulah ketika di arc Shaboundy Archipelago Robin mendapatkan jawabanya ketika dia bertanya pada Silver Rayleigh namun sayang, karena alasan alasan tertentu Robin menolak untuk diberitahu. Gold D Rojer juga pernah bercerita soal inisial D pada Shirohige disuatu tempat, Dan dari pembicaraan mereka berdua sudah sangat jelas bahwa inisial D memiliki sejarah yang panjang.

Pada komik One Piece di chapter 392 biarpun Haguar D Sauro tidak mengetahui arti dari inisial tersebut, Tetapi dia pernah memberi tahu Robin bahwa semua anggota keluarganya memiliki inisial D. Donquixote Doflaminggo ketika dirinya tertangkap oleh angkatan laut juga mengatakan sesuatu tentang D. Dia berkata “jangan lupakan penyandang nama D, dan kapan mereka semua akan muncul?”. Dari kata – kata barusan bisa disimpulkan bahwa dalam cerita One Piece, belum semua orang – orang dengan inisial D diperlihatkan. Perlu diingat bahwa inisial D adalah orang – orang yang kebanyakan mengancam eksistensi pihak pemerintah dunia. Monkey D Dragon, Trafalgar D Water Law, Monkey D Luffy, dan Marshall D Teach adalah contoh orang – orang yang dianggap mengancam eksistensi pihak pemerintah dunia. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya apabila semua penyandang nama D ini muncul.


Seorang mantan Fleet Admiral yakni Sengoku sang Budda, Juga pernah di tanya oleh Trafalgar D Law tentang inisial D ketika sedang berada di arc dressrosa pasca kekalahan Doflamingo. Tetapi sepertinya dia enggan untuk menjawab pertanyaan Law soal inisial D. Karena ketika Portgas D Ace mengawali karirnya sebagai seorang bajak laut dia sempat mengegerkan dunia One Piece dengan pergerakanya yang luar biasanya. Pihak pemerintah pun langsung mengambil tindakan dengan memberi tawaran kepadanya untuk menjadi salah satu dari seorang Shichibukai, Akan tetapi Portgas D Ace menolak gelar tersebut. Dan Sengoku memerintahkan bawahanya untuk menyelidiki asal muasal inisial D pada nama Portgas D Ace. Ketika pihak pemerintah mengetahui bahwa Portgas D Ace adalah anak dari seorang raja bajak laut Gold D Rojer, Mereka sudah terlambat karena Portgas D Ace sudah lebih dahulu bergabung dengan menjadi salah satu anak buah Yonkou yaitu Edward New Gate alias Shirohige. Semenjak saat itu pihak pemerintah dunia kehilangan kesempatanya untuk menangkap Ace. Begitu juga tentang penjelasan dari Sengoku sebelum perang di Marine Ford dimulai. Bahwa ibunya Portgas D Rouge telah berhasil membohongi seluruh dunia One Piece dengan mengandungnya selama 20 bulan. Ini adalah bukti bahwa Sengoku mengetahui banyak hal tentang inisial D.

Donquixote Rosinante atau Corazon pernah memberitahu Trafalgar D Water Law tentang inisial D. Dia mengatakan bahwa dikampung halamanya apabila seorang anak tidak mau menurut pada orang tuanya maka akan dimakan oleh D. Dan setiap seseorang berinisial D muncul maka orang itu kemungkinan akan membawa bencana. intinya orang – orang dikampung halaman Corazon sangatlah membenci orang - orang yang memiliki inisial D. Kalian para fans One Piece pasti tau siapa Donquixote Rosinante atau Corazon ini sebenarnya. Yap, dia adalah saudara kandung dari Donquixote Doflamingo yang juga termasuk dari salah satu Kaum Naga Langit atau Tenryubitto, Jadi yang dimaksud Corazon tentang kampung halaman adalah Tanah suci Mariejoa. Wajar apabila pihak Gorosei menyebut inisial D berarti Danger atau dalam bahasa Indonesia berarti berbahaya.


Dari kesimpulan barusan saya berpendapat bahwa inisial D adalah sebuah keluarga, atau klan yang memiliki semangat dan keyakinan luar biasa. Mereka memiliki keteguhan hati dan takdir merekapun sepertinya saling berkaitan satu sama lain. contohnya adalah keluarga Monkey yang sudah kita ketahui bersama mereka semua bukanlah orang biasa. Hubungan keluarga yang sangat aneh tetapi tetap memiliki takdir yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainya. Nama Inisial ini diwariskan secara rahasia diseluruh dunia secara turun temurun, Dan ditempat tertentu mereka menyebut klan D sebagai musuh alami para dewa. Kita semua sabagai fans One Piece pasti sudah mengetahui bahwa yang dimaksud para dewa adalah kaum Naga Langit atau Tenryubitto. Memang faktanya rata- rata keberadaan orang – orang yang berinisial D ini sangatlah membahayakan hegemoni pihak pemerintah dunia. Biarpun beberapa diantaranya orang – orang dari inisial D ini menjadi salah seorang perwira angkatan laut yang tangguh seperti Monkey D Garp dan Haguar D Sauro.

No comments:

Post a Comment