Sunday 8 April 2018

Perbedaan Kekuatan Shura Dengan Siksaan Talinya dan Doflamingo Dengan Benangnya



Dalam cerita One Piece memang terdapat beberapa kekuatan buah iblis atau kemampuan yang hampir mirip antara satu dengan yang lainya. Salah satu contohnya adalah Shura dengan siksaan talinya dan Doflamingo dengan kekuatan benangnya. Serupa tetapi tidak sama mungkin itulah pribahasa yang cocok untuk menggambarkan perbedaan kekuatan mereka berdua. Memang kemampuan yang mereka miliki hampir – hampir mirip, Tetapi sebenarnya apabila dianalisa lebih lanjut keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Dan saya akan mulai pembahasanya dari kekuatan Shura dengan siksaan talinya. Shura memiliki kemampuan siksaan tali yang sangat amat tipis sampai - sampai tak terlihat oleh mata manusia sama sekali. Tetapi biarpun begitu tali ini sangatlah kuat. Biasanya orang yang terjerat tidak akan sadar sampai tubuh mereka benar - benar tidak bisa bergerak. Jadi setelah lawanya tidak bisa bergerak disaat itulah Shura bebas menyiksa lawanya dengan tombak api yang ada ditanganya. Dan presentase orang akan selamat dari siksaan ini hanya 3 % saja. Presentase yang sangat – sangat tipis, Hal inilah yang dialami oleh para pendekar Shandia ketika datang ke Upperyard untuk melawan Enel. Serta memulai pergerakan untuk merebut tahta Enel. Beruntung para pendekar Shandia ini memiliki sosok seperti Wiper yang mampu menghindari siksaan tali yang dibuat oleh Shura. Dan berkat jasanya pula para pendekar Shandia bisa terbebas dari siksaan tali tersebut. Lalu bagaimana dengan kemampuan Doflamingo ?


Kemampuan yang dimiliki Doflamingo jauh lebih kompleks dari pada siksaan tali milik Shura. Karena dengan kekuatan buah iblis Ito Ito No Mi nya yang mampu memanipulasi benang, Memungkinkan Doflamingo untuk mengendalikan tubuh seseorang dari jarak jauh hanya dengan mengandalkan benangnya yang juga sangat tipis dan tak terlihat oleh mata. Tidak peduli seberapa besar tubuh orang yang akan di kendalikan. Doflamingo juga sering menggunakan kemampuan ini dibeberapa kesempatan. Seperti pada chapter 234, Ketika itu Doflamingo sedang menghadiri sebuah pertemuan penting di tanah suci Mariejoa. Perbuatanya tersebut langsung ditegur oleh nyonya Tsuru dan  menyuruhnya untuk menjadi anak yang baik. Diamond Joz, Rebecca, dan Raja Riku adalah contoh orang – orang yang tubuhnya pernah dikendalikan oleh Doflamingo dengan kemampuan benangnya.


Tidak hanya sampai disitu Doflamingo juga mampu memotong atau melukai siapa saja yang dia inginkan dengan kemampuan benangnya. Seperti pada saat dia memotong sebuah komet yang dijatuhkan oleh kekuatan Admiral Fujitora ketika di Greenbit, Lalu memotong senjata ketika menghadapi para angkatan laut di punk hazard, Bahkan pada chapter 555 kita melihat Doflamingo memotong kaki Oars Junior dengan sangat mudah pada saat perang puncak di MarineFord. Jadi sudah sangat jelas selain untuk mengendalikan seseorang, kekuatan benang dari doflamingo ini juga berfungsi sebagai senjata yang mampu melukai siapa saja yang ia kehendaki. Bahkan bisa lebih dari itu, dia mampu membuat kloningan dirinya sendiri hanya dengan kekuatan benangnya. Perlu diingat dengan kemampuan benangnya pula Doflamingo mampu untuk terbang di atas lautan. Lalu apakah siksaan tali milik Shura juga bisa melakukan hal seperti itu ?


Jadi dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa kemampuan siksaan tali milik Shura hanya berfungsi sebagai perangkap layaknya seekor laba – laba yang menunggu mangsanya terjebak kedalam jaring dan tidak lebih dari itu. Sedangkan kekuatan buah iblis yang dimiliki oleh Doflamingo memungkinkan dirinya untuk melakukan hal yang jauh lebih kompleks. Seperti membuat perangkap Bird Cage dan mengendalikan gerakan seseorang yang dia inginkan. Bahkan benangnya juga berfungsi sebagai senjata yang mampu menangkis tebasan pedang. Jelas perbedaan kekuatan antara Shura yang memiliki kemampuan siksaan talinya dengan Doflamingo yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi benangnya. Dan mudah – mudahan artikel ini dapat menjawab kebingungan kalian selama ini tentang kedua kekuatan yang hampir - hampir mirip tersebut. tetapi apabila kalian masih bingung silahkan kalian membaca ulang artikel ini atau apabila kalian ingin menikmati pembahasan ini dalam bentuk video bisa langsung klik disini dan jangan lupa untuk like fanspage facebook kami disini. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih…….

1 comment: