Sunday 4 December 2016

Teori Kekuatan Shanks

Akagami no Shanks atau shanks si rambut merah, dia adalah seorang kapten bajak laut dan merupakan salah satu dari yonkou atau 4 kaisar Lautan. Statusnya sebagai yonkou mengindikasikan bahwa shanks adalah pria yang sangat kuat. Dan itu adalah fakta yang tidak terbantahkan lagi. Namun yang jadi pertanyaan adalah “kekuatan apa yang dimiliki oleh yonkou yang satu ini??”


Sudah bukan rahasia lagi apabila Oda Sensei sangat jenius dalam membuat konsep cerita One piece. Jika kita perhatikan setiap yonkou memiliki ciri khasnya masing – masing. Seperti kaido yang mewakili Orc atau monster, Big mom yang mewakili peri, dan kurohige yang mewakili demon atau setan. Lalu Shanks yang tentu saja mewakili manusia biasa atau human. Shanks mewakili manusia biasa bukanlah teori yang asal – asalan semata tetapi merujuk kepada shanks bukanlah salah satu pengguna dari buah iblis. Dan fakta ini mengindikasikan bahwa shanks benar – benar manusia biasa. Pertanyaan berikutnya muncul “kalau shanks seorang manusia biasa kenapa dia bisa begitu kuat hingga dirinya menjadi seorang yongkou??”

Jawaban yang masuk akal dan singkatnya adalah shanks seorang petarung pedang yang menggunakan HAKI. Memang karakter yang satu ini memiliki kekuatan yang sangat misterius, dan sampai saat ini masih belum diketahui pasti kekuatan apa yang dimilikinya yang jelas shanks sangatlah kuat. Tapi apabila dianalisa lebih dalam ada 2 dasar kekuatan shanks yang pernah diperlihatkan oleh oda sensei dalam komik One Piece .

1. Shanks adalah seorang pengguna Haki raja yang sangat kuat.

Di sebuah SBS, Oda-Sensei mengatakan bahwa Haki Raja Shanks bisa menumbangkan 100.000 manusia dan manusia ikan. Selain mempunyai Haki raja Shanks juga menguasai semua haki seperti Kenbushiko Haki dan Busoshoku Haki. Ini terlihat ketika Shanks sedang berada di kapal Shirohige untuk berdiskusi masalah Portgas D Ace yang ingin menangkap Kurohige. Shanks menggunakan Kenbushiko Haki ini ketika berdiskusi mengalami kebuntuan dan Shanks dilempar dengan kendi sake oleh Shirohige, Shanks pun menghindar dengan cepat seolah dia sudah tau bahwa dirinya ingin diserang. Serta Busoshoku Haki yang digunakan ketika menangkis pukulan dari Shirohige yang mengakibatkan lagit diatasnya terbelah .


Dan sedikit tambahan temen – temen. Dia juga menggunakan Haki ini ketika menahan pukulan admiral Akainu yang mengarah ke Coby dengan pedangnya. Sama seperti ketika dia menangkis pukulan dari Shirohige. Kejadian – kejadian tersebut jelas membuktikan bahwa Shanks ahli dalam menggunakan jurus ini.

2. Shanks memiliki daya analisa dan prediksi yang tajam.

Masih ingatkah kalian ketika shanks memperingatkan shirohige untuk menarik kembali komandan divisi 2nya portgas d ace dan tidak mengejar kurohige? Shirohige menolak mentah – mentah peringatan dari shanks  tersebut dengan mengatakan “kau tidak bisa hidup seenaknya saja tanpa mempunyai martabat di dunia ini!!”. Bukan hanya itu bahkan jauh sebelum kejadian itu tepatnya ketika diawal cerita shanks menyelamatkan luffy dari monster laut dan shanks juga rela kehilangan tanganya. Dan ketika di tanya oleh shirohige “musuh seperti apa yang kau hadapi sampai – sampai kau kehilangan 1 lenganmu itu?”. Dan tanpa rasa menyesal shanks menjawab “ini demi menyongsong era baru”. Jelas yang dimaksud shanks untuk menyongsong era baru ini adalah lahirnya luffy sebagai RAJA BAJAK LAUT.



Dari kesimpulan di atas jelas shanks sangat ahli dalam hal menganalisa dan prediksinya sangat tajam. Seandainya shirohige menuruti permintaan shanks untuk menarik kembali ace, maka perang besar di Marine Ford tidak perlu terjadi. Dan dunia tidak akan sekacau sekarang. Dia juga bisa di bilang satu - satunya yonkou yang tidak apatis dan bersimpati pada yonkou lain seperti ikut campurnya shanks dalam perang di Marine Ford. Dia juga hadir dalam pemakaman Shirohige dan Ace. Sedikit Teori tambahan sepertinya marco akan beraliansi dengan shanks untuk membalaskan dendamnya atas kematian Shirohige.

No comments:

Post a Comment