Friday 22 December 2017

Makna Surat Happy Aniversary One Piece Yang Ke 20 Dari Oda Sensei Menurut Saya


Tak terasa ternyata One Piece sudah menginjak usia 20 tahun. Yang berarti sudah 20 tahun juga komik ini menemani kita. Eiichiro Oda sebagai pengarang cerita One Piece membuat sepucuk surat untuk semua penggemar One Piece di seluruh dunia. Itu berarti untuk kita semua yang merasa penggemar dari komik ini. Baiklah tanpa berbasa – basi lagi, langsung aja saya bahas isi dari surat Oda sensei untuk kita para penggemar One Piece yang menurut saya sangat menyentuh hati. Pertama – tama Oda Sensei menanyakan umur kita sekarang dan menanyakan apa kita sudah lahir ketika serial One Piece ini pertama kali keluar 20 tahun yang lalu. Dengan kalimat Baiklah berapa umur kalian ? 20 tahun yang lalu, apa kalian sudah lahir ?” Komik One Piece memang memiliki banyak penggemar, terutama kalangan remaja usia 15 tahun keatas. Jadi wajar saja apabila Oda Sensei menanyakan “20 tahun yang lalu, apa kalian sudah lahir ?”. Menurut saya pertanyaan ini memiliki arti yang sangat dalam. Karena jujur saja saya merasa flashback ke masa lalu dimana saya pertama kali membaca komik One Piece karena diperkenalkan oleh saudara saya saat itu. Pada saat pertama kali saya membacanya saya sangat tidak tertarik, Kalau tidak salah ingat waktu itu tahun 1999. Saya ingat betul saat itu saudara saya berkata “Baca nih komik bagus bgt ceritanya, keren banget deh pokoknya”. Saya masih ingat bagian yang saya baca pada saat itu adalah ketika luffy dan zoro sedang bertarung melawan Buggy. Sebenarnya saya malas membacanya karena memang menurut saya tidak menarik, Tetapi karena saya menaruh hormat pada saudara saya waktu itu. Jadi terpaksa saya membaca komik tersebut. Biarpun begitu tetap saja bagi saya pada saat itu One Piece tidaklah menarik sama sekali.  Saya mulai merasa tertarik pada cerita One Piece ketika tahun 2004 (kalau tidak salah), dan memutuskan untuk mengoleksi komiknya sejak saat itu.


Oke Skip, di kalimat berikutnya tertulis “Awalnya Luffy Berlayar dilautan sendirian. Dia tak punya teman sama sekali”. Kalimat ini mungkin terdengar biasa saja tetapi saat ini saya mengerti kalimat itu adalah motivasi untuk kita semua para penggemar One Piece dimana pun kalian berada. Motivasinya adalah tidak peduli dari mana kita berasal dan sesulit apa kondisi kita. Selama kita memiliki tekad, Visi dan impian yang kuat maka kejar dan wujudkanlah mimpimu hingga ajal menjemputmu. Bukan rahasia lagi apabila Oda sensei menyelipkan semangat hidup pada cerita One Piece. Sebagai contoh, ketika Luffy melawan Blueno ketika sedang berada di pulau pengadilan Enies Lobby. Blueno bertanya kepada Luffy “Sampai kapan kau akan mengamuk seperti ini ?” dengan lantang Luffy menjawab “SAMPAI MATI!!!!”. Seperti yang sudah kita ketahui bersama tujuan Luffy pada saat itu adalah menyelamatkan Robin dari cengkraman pihak pemerintah dunia. Tidak peduli bagaimana kondisinya, tidak peduli siapa lawanya, dan tidak peduli rintangan apa yang akan kita hadapi, selama kita masih memiliki tekad, visi, dan Impian yang kuat maka kejarlah hingga ajal menjemput. Menurut saya mungkin itulah salah satu semangat hidup yang diajarkan dari cerita One Piece. Selain itu ada banyak sekali momen – momen dan kata- kata dari cerita One Piece ini yang memiliki makna yang dalam, sebagai contoh kata – kata dari Mr.0 atau Crocodile yang berbicara kepada Tagishi dari Angkatan Laut, Dia mengatakan “Pihak yang kalah tidak berhak bicara soal keadilan”.


Lanjut “Ada banyak kilas balik di One Piece, tapi semua itu ada karena sebuah alasan. Semua kilas balik itu mulai dibuat ketika aku berpikiran untuk membuat kalian semua mengenal betul karakter – karakter tersebut. Dengan membuat seolah – olah sudah bersama mereka sejak mereka masih kecil”. Oda sensei benar, Menurut saya kisah One Piece sudah menemani saya sejak saya masih remaja. Tepatnya ketika saya masih SMA, saya masih ingat betul ketika itu disela jam – jam kosong atau ketika pak ibu guru saya tidak bisa hadir ke dalam kelas karena suatu alasan. Pada saat itu saya lebih memilih membaca komik One Piece dari pada mengobrol atau bersenda gurau dengan teman – teman saya. Itulah saat dimana saya merasa bahwa One Piece lebih menyenangkan dari pada teman – teman saya waktu itu. Dan pada saat itu pula saya benar – benar merasakan “Passion” dari mangaka Oda sensei pada saat menceritakan kilas balik salah satu karakter di One Piece. Saya masih ingat betul pada saat itu saya membaca kilas balik Nico Robin yang tengah berjuang bertahan hidup dari kejaran pemerintah dunia selama 20 tahun. Saya benar – benar merasakan betapa sakit dan beratnya hidup seorang Nico Robin. Biarpun sebenarnya Nico Robin hanyalah tokoh khayalan belaka.


Skip lagi , “Karena kalian semua sudah membantuku untuk melihat mereka tumbuh dewasa, aku merasa kalian telah membentuk ikatan yang dalam dengan luffy dan kawan – kawannya”. Yap, benar karena saya merasakan penderitaan mereka biarpun sebenarnya mereka hanyalah tokoh fiksi. Seperti sakit hatinya seorang Cuttyflam alias Franky ketika kapal – kapal tempur buatanya dipakai untuk menyabotase proses pengadilan Tom ketika itu. Sampai – sampai Franky memutuskan untuk berhenti membuat kapal karena hal tersebut. Padahal kita semua tahu bahwa Franky sangat suka membuat kapal terutama kapal tempur. Oke terus, “suatu hari nanti, kisah mereka pastinya akan berakhir. Tapi aku ingin kalian untuk terus berpetualang bersama mereka hingga saat itu tiba”. Disini saya merasa dapat melihat sekilas ke masa depan. Dimana One Piece sudah TAMAT yang otomatis membuat cerita yang sangat fenomenal ini selesai. Mungkin banyak diantara fans One Piece yang membuat teori tentang bagaimana Ending dari cerita One Piece. Entah mereka tau dari mana tapi saya selaku salah satu Fans One Piece akan sangat kehilangan apabila One Piece sudah tamat dan sudah pasti cerita One Piece ini akan tamat. Kira – kira apa yang para fans One Piece lakukan apabila saat itu sudah tiba ? Selama ini para fans One Piece sibuk mengeluarkan opini dan teori – teori mereka dari yang masuk akal hingga yang tidak masuk akal sama sekali. Ada pula yang hanya menunggu chapter berikutnya terbit, ada yang membuat spoiler, ada yang membuat analisa, ada yang mengeluarkan pendapat, ada yang membuat akun fanpage, ada yang membuat fan art, dll. Tetapi coba renungkan sebentar ya, sebentar saja apa iya kita (para fans One Piece) masih bisa melakukan hal demikian apabila cerita One Piece ini sudah TAMAT ? Jawabanya mungkin bisa tetapi rasanya pasti sudah sangat berbeda. So, Nikmati saja semuanya yang bisa kita lakukan sekarang, entah itu membuat opini, analisa, spoiler, fan art, dll.


Dan yang terakhir “Terima kasih sudah mendukungku selama 20 tahun ini. Tetaplah bersamaku sedikit lebih lama lagi!”. Disini saya menjadi teringat sebuah artikel yang mengatakan bahwa cerita One Piece terlalu panjang (Saya lupa liat artikel itu dimana). Memang faktanya demikian, 20 tahun bukanlah waktu yang singkat. Melainkan itu adalah waktu yang panjang dan dibutuhkan Passion, konsistensi dan kerja keras untuk mempertahankan satu cerita. Dan cerita One Piece adalah anime yang menemani saya ketika saya masih remaja hingga saat ini. Lalu  ada juga yang mengatakan karena terlalu panjang fans One Piece banyak yang merasa bosan. Mungkin ada fans One Piece yang merasa bosan tapi jelas itu bukan saya. Karena menurut pendapat saya cerita One Piece adalah cerita yang paling masuk akal. Tidak ada tokoh yang baik maupun sebaliknya. Semua bertindak sesuai dengan kepentinganya masing – masing, Sangat mirip dengan dunia nyata.


Saya sebagai salah satu dari banyak penggemar cerita One Piece mengucapkan terima kasih Oda Sensei karena One Piece sudah menemani ku dari SMA hingga saat ini. Semangat dengan TEKAD “D” mu akan selalu mengingatkan ku agar selalu menjadi petarung dalam hidupku. Ceritamu sangat menginspirasi biarpun hanya cerita fiksi belaka. Saya akan terus mengikuti cerita One Piece hingga cerita One Piece ini berakhir. Saya merasa tidak BOSAN sedikitpun walaupun ada yang mengatakan bahwa cerita One Piece ini terlalu panjang. Sekali lagi terima kasih Eiichiro Oda karena One Piece saya bisa menulis dan mengisi Blog ini dengan cerita - cerita dari hasil karyamu yang sangat fenomenal itu. Apabila tidak merepotkan, Kalian bisa Subscribe Channel Youtube 22Portgas disini untuk teori - teori One Piece lainya dan Like Fanspage kita disini. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.....

No comments:

Post a Comment